Ini Akibatnya Jika Kamu Sering Melakukan Shalat Tahajud

Bagikan Artikel

Islam tidak hanya memerintahkan umatnya untuk melaksanakan ibadah wajib namun umat islam juga dianjurkan melaksanakan ibadah sunnah. Salah satu shalat sunah yang sangat dianjurkan adalah shalat sunah tahajud, karena mempunyai banyak sekali fadilah atau keutamaan diantaranya Allah akan mengangkat ke tempat yang terpuji sesuai dengan QS. Al-Isra’ : 79 “Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Sahlat sunah tahajud boleh dilaksanakan secara berjamaah atau shalat sendiri. Adapun waktu pelaksanaannya yaitu pada 1/3 malam terakhir hingga menjelang subuh. Setelah selesai melaksanakan shalat tahajud, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak doa, karena di waktu tersebut merupakan salah stau waktu mustajab untuk berdoa.

Rabb kami -Tabaroka wa Ta’ala- akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, “Siapa yang memanjatkan do’a pada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun pada-Ku, Aku akan memberikan ampunan untuknya”.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain salah satu waktu mustajab untuk berdoa, berikut beberapa keutamaan shalat tahajud menurut Ust. Adi Hidayat :

  1. Allah akan mengangkat karir pekerjaan atau aktivitasnya di tempat terbaik. Terbaik di sini bukan berarti harus menduduki jabatan tertinggi, melainkan lingkungan kerja yang baik, mudah untuk beribadah, dijauhkan dari hal-hal yang membuat tidak nyaman dan berbagai kebaikan lainnya.
  2. Allah akan membimbing orang yang rutin melaksanakan tahajud untuk mengawali hari dan pekerjaan dengan penuh kemudahan.
  3. Allah berikan jalan terbaik dari persoalan yang sedang dialami atau dirasakan. Setiap orang pasti punya ujian kehiduapannya masing-masing, bagi orang yang rutin melaksanakan tahajud, Allah bantu dengan memberikan petunjuk jalan terbaik mana yng harus dilalui.
  4. Allah akan menolong langsung orang tersebut ketika ada orang lain yang ingin menjahili atau menyakiti.
  5. Shalat tahajud merupakan kebiasaan ahli surga saat di dunia.
  6. Mendapatkan pujian langsung dari Allah SWT. Sesuai QS Assajdah ayat 16: ”lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan”. Jika ada orang yang dipuji oleh Allah artinya Allah menyukai orang tersebut dan Allah akan memudahkan urusan orang tersebut. Ketika kita menemukan orang yang seperti itu, dekatilah dan jadilah sahabatnya.
  7. Tahajud merupakan kebiasaan orang-orang shalih. Salah satu keutamaan yang akan didapatkan oleh orang-orang shaleh di surga nanti ia akan ditempatkan di surga bersama seluruh nabi.

Sholat tahajud akan mengantarkan orang-orang yang mengerjakannya menuju surga. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Sahabat, semoga Allah selalu bimbing kita semua agar mudah untuk melaksanakan shalat tahajud dan meraih keutamaannya.

Mudahnya Berzakat

Zakat melalui LAZ Sakinah, bersihkan harta dan berbagi kebahagiaan untuk sesama

Konsultasi Zakat